Rabu, 09 Desember 2020

Mengintip 5 Cara Dalam Melakukan Kegiatan Ekspor Ke AS, Pengusaha Wajib Tahu

Pemerintah mendorong pada pelaku bisnis untuk mengirim barang yang diekspor indonesia ke amerika serikat. Selain terus berupaya memperbaiki pelayanan, pemerintah juga memberikan apresiasi besar kepada pelaku bisnis yang melakukan ekspor. Teruntuk anda yang ingin melakukan kegiatan ekspor ke AS, simak beberapa hal berikut ini.

 


Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Ekspor Ke AS
1. Berupaya Melakukan Promosi
Langkah yang pertama ialah melakukan promosi. Pada dasarnya, setiap berjualan umumnya akan melakukan promosi untuk memasarkan barang dagangan. Karena ini konteksnya ekspor, target yang dicari merupakan calon pembeli yang berada di luar negeri. Tanpa adanya promosi, barang dagangan tentu tidak akan terkenal bahkan di kancah internasional.


Sebenarnya, ada banyak sekali cara yang bisa dijadikan sebagai media promosi. Misalnya, menggunakan media koran, elektronik, media online, hingga mengikuti pameran dagang. Anda juga bisa melakukan interaksi dengan kamar dagang atau lembaga dagang lainnya. Beberapa badan tersebut dapat membantu anda dalam memasarkan barang dagangan.


2. Inquiry
Setelah memasarkan produk, tidak menutup kemungkinan bagi anda untuk memiliki calon pembeli. Dari promosi, barang yang diekspor Indonesia ke Amerika Serikat akan mendapatkan calon pelanggan. Kemudian, importir akan mengirimkan surat permintaan barang atau yang disebut dengan Letter of Inquiry. 


Letter of Inquiry merupakan sebuah surat yang berisikan mengenai deskripsi barang, harga, mutu, kegunaan, hingga waktu pengiriman. Surat ini akan anda terima, setelah ada calon pelanggan yang berminat untuk membeli produk yang sudah dipasarkan. Sebelum melakukan pengiriman barang, ada baiknya untuk meneliti kembali surat tersebut.


3. Offer Sheet
Sebagai orang yang akan mengekspor, anda harus menanggapi permintaan calon importir terlebih dahulu. Tanggapan tersebut berisi jawaban atas Letter of Inquiry. Cantumkan keterangan sesuai dengan daftar permintaan importir. Jika importir menanyakan mutu, harga, dan waktu pengiriman, maka anda perlu menjelaskan perihal tersebut secara rinci.


Di dalam offer sheet, anda juga bisa mencantumkan informasi tentang ketentuan pembayaran. Pembayaran tersebut mulai dari harga barang hingga harga ekspedisi pengiriman atau ekspor. Jangan lupa untuk memberikan sampel atau brosur terhadap barang yang diekspor Indonesia ke Amerika Serikat.


4. Sale’s Contract Dan Sale’s Confirmation
Dalam tahapan ini, eksportir akan menyiapkan surat kontrak berupa pernyataan jual beli. Surat tersebut berisikan keterangan klausul bencana alam serta klausul inspeksi. Perlu anda ketahui, sale’s contract ini nantinya akan ditandatangani oleh eksportir. Sebagai pelaku ekspor, anda perlu mengirimkan surat ini sebanyak 2 rangkap kepada calon importir.


Ketika sale’s contract sudah diterima oleh importir, maka ia harus mempelajari dokumen tersebut dengan jeli. Dalam tahap ini, anda hanya perlu menunggu keputusan importir mengenai ketentuan ekspor produk. Setelah importir menyetujuinya, maka anda bisa melanjutkan tahapan prosedur berikutnya.


5. Tahap Ekspor Barang
Setelah melalui beberapa prosedur, anda akan memperoleh surat NPE (Nota Persetujuan Ekspor). Nota ini digunakan sebagai syarat pengeksporan barang. Anda bisa melakukan pengiriman dengan menggunakan transportasi apapun. Anda bisa pilih berdasarkan persetujuan antara anda dan importir mengenai barang yang diekspor Indonesia ke Amerika Serikat.  


Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengirim barang ke Amerika Serikat. Jika ditelaah secara mendalam, kegiatan ekspor bisa sangat menguntungkan negara. Ekspor bisa menambah devisa negara dan menguntungkan para pelaku bisnis. Setelah mengetahui tata cara dalam ulasan tersebut, kini anda tak perlu ragu melakukan ekspor barang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar